Laba bersih per saham atau yang sering kita sebut dengan earning per share adalah pembagian antara laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan di periode tertentu dengan jumlah saham yang beredar.

Hal ini dilakukan untuk menstandarisasi satuan, antara harga saham dengan laba bersih per saham. Tidak mungkin kan, membandingkan harga saham yang Rp. 5000 dengan laba bersih perusahaan sebesar Rp. 5 Miliar rupiah (misalnya).

Jadi kita perlu kalkulasi yang apple to apple: jika bandingkan harga, harus dengan laba bersih per saham. Jika membantingkan laba bersih total, harus dengan kapitalisasi pasar.

Kalkulasinya begini:

  • Laba perusahaan adalah Rp. 5.000.000.000
  • Jumlah lembar saham perusahaan adalah 2.500.000 lembar
  • Maka, laba bersih per saham adalah Rp. 5.000.000.000 / 2.500.000 = Rp. 2.000 / lembar saham (ini sering disebut juga dengan EPS atau earning per share.

Dari sinilah, kita bisa lebih mudah membandingkan antara laba dengan harga (Price Earning Ratio), Deviden dengan laba (Dividend Payout Ratio), dengan yang lain – lainnya.

Semoga bermanfaat!

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi