Broker saham, atau istilah lainnya pialang saham / perusahaan sekuritas adalah perusahaan perantara transaksi dari penjual saham dengan pembeli saham di bursa efek Indonesia. Mereka adalah perusahaan yang sudah terdaftar di OJK dan adalah pintu transaksi satu – satunya di pasar modal. Ingat, kamu beli saham tidak bisa beli tanpa perantara, tapi harus dengan perantara perusahaan sekuritas atau broker saham melalui bursa efek.

Perusahaan sekuritas itu memiliki nama perusahaan yang ada kata ‘sekuritas’. Dan setiap perusahaan sekuritas selalu memiliki kode broker masing – masing.

Misalnya beberapa sekuritas yang pernah bekerjasama dengan GaleriSaham:

  • PT. Panin Sekuritas Tbk, memiliki kode broker: GR
  • PT. Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, kode brokernya: LG
  • PT. Maybank Kim  Eng Securities, kode brokernya: ZP

Kamu ga harus hafal kode broker. Yang kamu harus hafal ya kode saham yang mau kamu beli, atau yang sedang kamu simpan kok.

Apa saja sih perusahaan sekuritas yang terdaftar secara resmi di pasar modal Indonesia? Cek list-nya dibawah ini ya:

Melalui perusahaan sekuritas ini investor maupun trader bisa mendapatkan segala informasi seputar perusahaan – perusahaan (emiten) yang sahamnya terdaftar di bursa efek Indonesia. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai harga pasar sebuah saham, perusahaan – perusahaan yang akan IPO (initial public offering), melaksanakan right issue, melakukan stock split, membagikan deviden, dan lain sebagainya.

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi