Saham adalah bukti penyertaan modal di suatu perusahaan, atau merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Ketika seseorang memiliki saham sebuah perusahaan, maka orang tersebut resmi menjadi pemilik perusahaan.

Saham, khususnya saham perusahaan publik dan listing di bursa efek Indonesia, dapat diperjualbelikan dengan bebas. Beragam motif transaksi yang dilakukan, namun pada dasarnya yang dicari investor ataupun trader adalah:

  1. Capital Gain
  2. Deviden

Seperti banyaknya perusahaan yang kita lihat sehari – hari, ada perusahaan yang untung, ada perusahaan yang merugi. Ada toko yang pengunjungnya ramai tapi akhirnya tutup karena merugi, ada yang pengunjungnya sedikit tapi tetap bertahan.

Demikian pula dengan pergerakan harga saham. Ada saham yang bergerak naik, turun, atau mendatar. Pastikan investor ataupun trader membeli saham yang bergerak positif yang dapat memberikan keuntungan, antara capital gain ataupun deviden.

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi