Dear All,

Pada kesempatan ini, kami sebagai satu – satunnya lembaga independen yang rutin melaporkan kinerja internal kami secara bulanan (secara harian bagi member GS PRO), kembali memaparkan kinerja kami sepanjang bulan Maret 2018 dan secara full year 2018.

Sekedar informasi tambahan, metode perhitungan kinerja GS PRO mengikuti standar industri reksadana, dimana kinerja kami sudah memperhitungkan realized & unrealized profit & loss, cash in hand, dan fee transaksi kami. Jadi apa yang Anda lihat adalah apa adanya, bukan sekedar menjumlah-totalkan seluruh persentase transaksi, ataupun merata – ratakan gain yang didapat. Itu tidak marked-to-market.

Youtube: Portfolio ga naik – naik. Kenapa?

Bulan Maret adalah bulan ‘berat’.┬áBagi yang tidak disiplin, tidak punya metode, hasilnya akan sangat buruk. Bbisa 3x lebih buruk dari IHSG.

“Market itu fluktuatif. Kita harus stabil. Kalau sama – sama fluktuatif, tidak ada bedanya berada di hutan belantara. Kadang memakan, kadang dimakan.” – Rio Rizaldi, Founder & CEO GaleriSaham.com

Berikut adalah tabel kinerja GS PRO yang didasarkan rekomendasi teknikal kami sepanjang bulan Maret 2018:

Tabel di atas menunjukkan, konsistensi kami yang hanya menyimpan saham yang bertahan di atas support tren naiknya berhasil menyelamatkan portfolio kami secara keseluruhan. Saham yang gagal bertahan di atas support merupakan saham yang berisiko bergerak dalam tren turun. Trader untung ketika harga naik, bukan turun.

Youtube: Kunci Utama Analisa Saham Profit Maksimal

Sepanjang bulan maret, portfolio GS PRO turun -2.53%, namun jauh lebih baik daripada penurunan IHSG yang mencapai -6.19%. Perlu diketahui, jika IHSG turun sekian %, umumnya saham – saham turun 3x lipat. Jadi, jangan kaget jika IHSG turun 6%, portfolio bisa turun 18% jika tidak disiplin menjalankan trading plan.

Sepanjang tahun 2018 (YTD – Year to Date), kinerja portfolio GS PRO bertahan sangat positif +21.62%, jauh di atas IHSG yang malah negatif -2.92%. Konsistenti menjadi kunci trader mempertahankan jerih payahnya mengumpulkan keuntungan, jangan sampai tergerus pasar yang berbalik arah.

Jika kita bandingkan kinerja Maret 2018 terhadap Maret 2017 (YoY – year on year), maka kinerja kami mencapai +32.64%, jauh di atas IHSG yang hanya +11.15%.

Berikut adalah visualisasi kinerja GS PRO hingga akhir Maret 2018:

Meteode systematic trading management yang berorientasi trend optimizing memiliki fokus memaksimalkan posisi ketika harga saham bergerak uptrend, namun segera keluar dari posisi (baik posisi untung maupun masih merugi) ketika harga berbalik arah menjadi turun. Dengan demikian, kinerja positif bisa tetap dipertahankan baik dalam jangka pendek, menengah, ataupun panjang selama kita konsisten menggunakan metode yang sama.

Apa saja saham – saham yang berkontribusi positif dan negatif terhadap portfolio kami sepanjang bulan Maret?

Biasanya kami menyampaikan 10 top gainer & 10 top loser. Namun kali ini hanya ada 7 gainer. Ini karena market sedang tidak bagus, tidak banyak saham dalam coverage kami yang dapat kami beli karena harga bergerak downtrend dan kami menghindari saham downtrend.

Namun masih dalam prinsip systematic trading management, metode yang digunakan harus konsisten baik ketika market turun maupun naik. Dan pendekatannya harus berorientasi pada trend. Dengan demikian, risiko penurunan pada saham inferior bisa ditekan serendah mungkin, namun potensi kenaikan di saham superior bisa dimaksimalkan setinggi – tingginya. Jangan terbalik.

Bagaimana komposisi sektoral dalam portfolio kami per akhir maret? Cash kami mencapai 88% (lihat tabel kinerja bagian: composition). Sisanya (12%) hanya di sektor ini:

dari porsi 12% di saham dalam portfolio kami, 100% berada di sektor mining (cek daily journal di GS PRO Anda). Mengapa ada di mining? Karena secara teknikal (bukan asumsi), saham – saham tersebut masih memiliki peluang bergerak uptrend. Portfolio kami terbentuk atas prinsip teknikal, bukan asumsi. Karena sering kali asumsi kita menjadi bumerang kita.

Youtube: 3 sisi mata uang dalam bertransaksi saham

Pastikan kita gunakan metode yang konsisten, sudah dikuasai, dan bisa diandalkan. Dengan demikian, hasil jerih payah mengumpulkann profit tidak terbuang sia – sia.


Jika Anda ingin meningkatkan standar Anda, kami memiliki program yang mungkin cocok untuk Anda. Program kami tidak cocok untuk semua orang. Anda bisa pelajari dulu dibawah ini:

  1. GS PRO: trading plan berstandar institusi. Cek infonya disini.
  2. Systematic Trading Management for Mega Profit: Training yang membekali diri Anda untuk memiliki metode yang sudah teruji sejak tahun 2009, mudah dipelajari, dan bisa diandalkan. Tentunya kami menggunakannya setiap hari. Cek informasinya disini.

Jangan lupa subscribe Youtube Channel GaleriSaham dibawah ini ya:

GaleriSahamID

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi