Prediksi IHSG Menggunakan Analisa Siklus

grafik IHSG-14-09-21

Saat ini IHSG bergerak dalam tren naik, ditandai dengan posisi MA50 > MA100 > MA200. Range kenaikan IHSG saat ini semakin menyempit, cukup mirip seperti pergerakan IHSG di awal tahun 2012 (lihat grafik di atas). Range kenaikan yang menyempit mengindikasikan bahwa IHSG membentuk Rising Wedges, dimana ada ‘potensi’ terjadinya technical correction untuk sementara waktu. Ini masih potensi, bukan sebuah kepastian. Support saat ini ada di level 5117, selama kuat di atas level ini IHSG akan cenderung terus bergerak naik.

Melihat posisi rangkaian moving average yang masih dalam tren naik seperti yang telah dijelaskan di atas, koreksi yang ‘mungkin’ terjadi hanya akan tergolong koreksi wajar, sehat, & bersifat sementara dimana dapat kita manfaatkan untuk melakukan buy on weakness.

Melihat kembali cerita tahun 2012, setelah koreksi IHSG mampu kembali ke level tertingginya di 4230-an dan break all time high. Kalkulasi target kenaikan ketika itu adalah 4477, 4866, & 5250 dimana target tersebut berhasil tercapai secara bertahap.

Apa skenario saat ini? Jika memang IHSG akan mengalami koreksi sehat dan nantinya kembali rebound dan kembali ke level tertinggi di 5260-an, dengan metode kalkulasi target yang sama seperti tahun 2012, target kenaikan IHSG kedepannya berada di level berturut – turut 5595, 6138, & 6680. Terdapat potesi kenaikan hingga sebesar lebih dari +25% dari level saat ini dan akan semakin besar jika terjadi koreksi.

Ingat, koreksi yang kami maksud masih tergolong ‘potensi’. Selama IHSG masih mampu bertahan di atas area 5117 maka bisa saja koreksi yang diskenariokan di atas tidak terjadi dan IHSG akan terus melanjutkan kenaikannya.

Berapa target kenaikan IHSG jika tidak terjadi koreksi? Anda tetap dapat gunakan target kenaikan yang kami sebutkan di atas.

 

KESIMPULAN:

IHSG masih menyimpan potensi kenaikan yang tinggi +25% lebih. Tetapi perlu diingat bahwa saat ini tidak semua saham dari seluruh sektor naik ketika IHSG naik. Berbeda seperti tahun 2009 – 2011 dimana semua saham bersama – sama naik, saat ini pemilihan saham harus lebih ketat & selektif. Pastikan anda memilih saham yang memiliki tren naik, bukan tren turun. Memilih saham yang mampu rebound dengan baik, bukan yang terus melemah sepanjang waktu.

 

Khusus Member GS Premium: “Memperkirakan Arah US Dollar: Strong Uptrend?

 

Manfaatkan potensi kenaikan pada IHSG sebaik – baiknya. Pemilihan saham yang baik dapat memberikan anda keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada kenaikan IHSG itu sendiri.

Jika anda sering bertindak terbalik dengan market, jika anda bingung memilih saham yang akan bergerak, jika anda khawatir dengan berita – berita beredar yang pada akhirnya membuat anda kehilangan peluang, dan jika anda sering ‘nyangkut’, GS Premium dapat menjadi solusi terbaik bagi anda untuk membenahi kinerja transaksi selama ini.

Mari bergabung di GS Premium untuk membantu anda memaksimalkan keuntungan transaksi di pasar saham. GS Premium memberikan rekomendasi yang akurat, mudah dipahami, dengan risiko terukur, serta biaya yang sangat kompetitif.

 

Pin It on Pinterest

Share This