Diawali dengan sebuah kisah nyata seorang teman…

Di awal tahun 2009, ada seorang trader, dengan modal 25 juta membuka rekening saham. Pergerakan pasar yang begitu fluktuatif menjadikannya terdorong untuk melakukan transaksi lebih sering. Ia mencoba memaksimalkan timing jual beli sehingga total keuntungan bisa lebih tinggi dari kenaikah saham maupun IHSG. Ia mencoba – coba membeli saham yang volatilitasinya sangat tinggi untuk mencari untung lebih tinggi. Namun hasilnya di luar perkiraan, trading yang dilakukan membuahkan kerugian.

Demi menutup kerugian, ia pun terus menambah dana di rekening lebih besar, dengan asumsi semakin besar dana, semakin besar peluang keuntungan untuk menutup kerugian. Total dana yang disetor mencapai 500 juta. Di akhir tahun 2011, dananya hanya tersisa 15 juta.

…Orang ini baru menikah

…Orang ini baru memiliki seorang anak.

…Orang ini kehilangan uang 485 juta dalam waktu 2 tahun.

…IHSG naik dari 1100 ke 2500….

Jangan sampai ada yang mengalami hal seperti di atas lagi !

WHAT is GaleriSaham.com?

GaleriSaham adalah lembaga riset , konsultan, & pelatihan independen seputar investasi saham di pasar modal Indonesia.

Sesuai dengan motto kami: Your No.1 Trading Partner in IDX, kami menjaga independensi & netralitas dalam memberikan rekomendasi, konsultasi, dan pelatihan sehingga apa yang disajikan dapat selalu dipercaya sepenuhnya dan tanpa kepentingan – kepentingan tertentu. Dengan demikian kami tetap bisa menjaga kualitas layanan kami yang fokus pada keuntungan jangka menengah hingga panjang bagi semua pihak.

WHO are we?

GaleriSaham.com didirikan oleh Rio Rizaldi, CFP® yang memiliki pengalaman di pasar modal Indonesia sejak tahun 2004.  Pengalamannya antara lain:

  1. Professional independent trader sejak tahun 2004.
  2. Berpengalaman sejak tahun 2008 dalam melayani investor institusi seperti dana pensiun, asuransi, asset management, dan sejenisnya.
  3. Pembicara di berbagai forum investasi termasuk Bloomberg CIO Roundtable Singapore.
  4. Personal financial planner sejak tahun 2004.
  5. Tim pengajar program pendidikan sertifikasi CFP® di MM-UGM Jakarta.

WHERE are we?

GaleriSaham.com didirikan di Jakarta dengan cakupan member hingga seluruh Indonesia (tercatat dari Aceh hingga Papua) bahkan di luar negeri (Australia, Jerman, Norwegia, Jepang, & Korea).

GaleriSaham.com berkantor pusat di Menara Karya Lantai 28, Jl. HR Rasuna Said Block X5 Kav. 1 – 2, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dari awal pendiriannya, GaleriSaham menjangkau investor & trader saham Indonesia secara khusus melalui internet & social media. Basis utama kami adalah website galerisaham.com beserta social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ serta Telegram Messenger @GaleriSaham

WHEN were we established?

GaleriSaham.com didirikan pada 8 November 2009 di Jakarta, Indonesia dengan tujuan utama untuk mendukung ekosistem pasar modal Indonesia yang lebih sehat, menciptakan profit trader yang terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adapun layanan – layanan kami adalah sebagai berikut:

Premium stock picking konsep parallel analysis. Layanan GS PRO dilengkapi fundamental insight, professional market commentary, fundamental analysis, & technical analysis yang berkolaborasi dengan analis & fund manager profesional di pasar modal Indonesia. GS PRO menjadikan setiap orang memiliki rekomendasi saham selayaknya yang didapat oleh investor institusi.

Cek informasi selengkapnya disini

Program pendidikan dan pelatihan intensif di mengenai analisa saham, market outlook, serta personal financial planning.

Salah satu program kami adalah Systematic Trading Management for MEGA Profit, sebuah metode analisa saham yang telah digunakan sejak tahun 2009 dan memiliki konsistensi tinggi dalam pelaksanaannya. Training kami selalu dibatasi dalam kelas kecil agar lebih efektif dan interaktif.

Cek informasi selengkapnya disini

Berisi artikel – artikel seputar investasi saham, belajar analisa saham, perencanaan keuangan, training & seminar, dan sebagainya.

Blog ini dibuat bertujuan untuk memberikan wawasan lebih luas bagi investor & trading di BEI sehingga bisa memaksimalkan peluang di pasar modal dengan lebih optimal.

Cek artikel – artikel selengkapnya disini.

WHY we do this?

Masalah utama kebanyakan orang adalah: Godaan trading jangka pendek, penggunaan margin, telat membeli, terlalu cepat menjual, & faktor psikologis menjadi kendala bagi sebagian besar orang.

GaleriSaham.com sebagai lembaga riset , konsultan, & pelatihan independen didirikan untuk memfasilitasi para investor maupun trader yang membutuhkan rekomendasi, market insight, serta training yang berkualitas, independen, dan netral, yang fokus pada tujuan pribadi mereka yaitu peluang & profit optimal di setiap pergerakan utama pasar serta keluar dari pasar ketika tren naik sudah berakhir.

“Consistency creates profit”

Ketika tahun 2004, IHSG masih berada di kisaran 500 dan di akhir tahun ditutup di level 1000. Tidak banyak yang meraih profit dengan optimal karena orang cenderung trading jangka pendek karena panjangnya fase konsolidasi waktu sebelum itu (sejak krisis moneter 1998)

4 tahun kemudian, IHSG mencapai level 2800 sebelum terjadi krisis keuangan global. Semua orang untung. Semua orang merasa analisanya selalu benar, karena beli saham apapun akan untung. Penggunaan margin rasio tinggi menjadi marak.

"

Dalam waktu kurang dari 1 tahun, IHSG turun dari 2800 menjadi 1100 di tahun 2009. Banyak sekali yang rugi & ‘nyangkut’ karena terlena, koreksi dianggap hanyalah sementara, ternyata berlangsung lama. Margin call membuat banyak orang kehilangan apa yang sudah dikumpulkan sejak tahun superbull 2005 – 2008.

1 tahun lebih, IHSG kembali ke level tertingginya di 2800 dari level terendah 1100 pasca krisis ekonomi global.  Banyak yang masih pesimis, skeptis, bahkan meninggalkan pasar karena pengalaman buruk ataupun pemberitaan yang cenderung bernada pesimistis / negatif. Tidak banyak yang bisa mengikuti kenaikan market.

Dan setelahnya, IHSG terus bergerak naik perlahan hingga mencapai level 5500. Dan banyak yang belum mampu mengembalikan kerugian yang di alami sejak krisis tahun 2008. Banyak pula yang mengalami kerugian ketika IHSG bergerak naik karena era ini tidak semua saham naik ketika IHSG naik. Dibutuhkan analisa yang lebih baik.

HOW we do this?

Fokus GaleriSaham.com adalah memberikan rekomendasi, konsultasi, dan pelatihan dengan pendekatan Parallel Analysis, dimana rekomendasi jual beli kami sampaikan berdasarkan analisa teknikal namun tetap mengkombinasikan pemilihan saham dengan analisa fundamental. Akan menjadi sempurna ketika sebuah saham memiliki fundamental baik dengan momentum teknikal yang baik pula.

Analisa fundamental untuk menemukan perusahaan mana yang BAIK.

Analisa teknikal untuk menentukan KAPAN membeli saham perusahaan di atas.

Mengapa transaksi harus mempertimbangkan analisa teknikal?

  1. Karena pergerakan harga adalah kesimpulan dari sentimen yang ada di pasar.
  2. Karena timing untuk membeli dan menjual akan menjadi sangat penting bagi setiap investor maupun trader. Apapun faktor fundamental (atau faktor lain) yang mempengaruhi investor maupun trader dalam menyeleksi saham, hal yang lebih penting adalah kapan mereka beli, kapan mereka jual. Di pasar. Timing is everything. Terlalu cepat, tidaklah bagus. Terlambat, juga tidak bagus.
  3. Bisa dipelajari semua orang, apapun latar belakangnya.

Banyak ditemukan di lapangan bahwa analisa (yang dianggap analisa) fundamental pun tidak semuanya bisa dipertanggungjawabkan. Siapa yang menganalisa? Apa motifnya? Bagaimana pengalamannya?  Hal – hal ini menjadi penting untuk dipertimbangkan pula.

Kendala – kendala di atas membuat kami semakin concern atas kondisi di lapangan sehingga menjadi alasan kuat bagi kami untuk menerapkan konsep Parallel Analysis pada setiap kegiatan & layanan kami. Parallel Analysis mengkombinasikan metode memilih saham bagus secara teknikal & fundamental (yang reasonable, relevan, dan bertanggung jawab) dan mengimplementasikan trading plan dengan optimal.

Nilai – nilai di atas kami deliver dalam setiap layanan yang kami berikan kepada masyarakat seperti :

Rekomendasi Harian

 

Yang disediakan setiap hari untuk trading plan internal kami yang bisa diikuti oleh umum.

Market Outlook

 

Secara berkala bagi seluruh investor & trader di Indonesia

Training & Seminar

 

Secara berkala untuk memberikan technical skill bagi para pelaku pasar modal meraih hasil yang lebih optimal.

Gathering

 

Diadakan secara berkala baik bagi alumni training / workshop, member GS PRO, maupun umum.

Selamat Datang di GaleriSaham.com

Your No. 1 Partner in IDX