Bagaimana hasil investasi anda selama ini? Apakah untung? Rugi? Atau tidak menghasilkan apa – apa?

Tak terasa website ini sudah berusia 2 tahun. Pertama kali website ini dibuat pada 19 Juli 2008 ketika depresi, pesimisme, dan keputusasaan mulai melanda hampir semua investor di seluruh belahan dunia. Alhasil website ini pun sempat vakum selama 1 tahun lebih. Sejalan dengan perkembangan pasar modal disertai pemulihan ekonomi, akhirnya pasar modal Indonesia mampu pulih dari keterpurukan, bahkan menjadi salah satu bursa saham yang mencatatkan pertumbuhan terbaik di dunia. Saat ini IHSG mampu melampaui level tertingginya sebelum krisis, hal langka, yang pada kenyataannya tidak mampu dicapai oleh bursa saham negara – negara maju seperti Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, bahkan bursa Cina sekalipun walaupun Cina mencatat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia pada periode yang sama.

Pada Bulan November 2009 akhirnya saya memutuskan untuk mengaktifkan kembali website ini. Saat itu IHSG bertengger pada level 2400. Artinya IHSG telah memberikan return sebesar 118% semenjak menyentuh level terendahnya di 1100 pada Oktober 2008. Coba bayangkan, dimana anda dapat berinvestasi yang memberikan return 118% hanya dalam waktu 1 tahun? Bahkan ada beberapa saham yang memberikan return jauh lebih tinggi dari return IHSG.  Akan tetapi, bagaimana kenyataannya? Hati kecil bertanya, berapa banyak investor yang menikmati return dari total portfolio-nya sebesar itu? Berapa banyak yang menikmati keuntungan setengahnya? Berapa banyak yang sudah keluar dari pasar saat IHSG rebound ke 1200 karena mempunyai keyakinan krisis akan kembali memburuk? Bahkan pada kenyataannya tidak sedikit investor yang ternyata mengalami kerugian di tengah market yang super bullish ini.

Fakta membuktikan apa yang berjaya di masa lalu tidak selalu mampu mencatat kinerja yang sama di masa mendatang. Banyak Investor yang percaya dan terjebak oleh rumor – rumor yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Banyak dari kita yang ‘cinta mati’ pada saham – saham tertentu dan terbuai mimpi akan kejayaannya dahulu. Banyak juga yang membeli saham ‘kacangan’ karena memiliki persepsi bahwa saham kecil, yang nominalnya kecil, maka lebih murah dari yang lain sehingga memiliki potensi return yang ‘luar biasa’. Saya yakin kita semua akan tahu seberapa ‘luar biasa’ kah pengaruh saham – saham itu dalam arti yang sesungguhnya pada hasil investasi kita nanti.

Coba pertimbangkan kembali beberapa fakta di atas, berapa banyak yang mengalaminya? Sebagai investor maupun pengelola dana, kita harus / wajib bertanggung jawab terhadap keputusan kita dalam mengatur dana kelolaan / uang hasil dari jerih payah sendiri. Uang yang kita investasikan yang merupakan hasil bekerja / berbisnis dengan memeras keringat jangan sampai tersia – siakan / hilang di pasar ini, yang notabene mampu memberikan hasil investasi yang luar biasa besar.

Hal – hal di atas lah yang mendorong saya mengaktifkan kembali website ini. Mengapa? Karena kita semua perlu mulai belajar dan membuat sebuah Trading Plan yang jelas sehingga dapat mengerti batasan – batasan dalam memilih saham sehingga tidak terjatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya. Setelah mempertimbangkan beberapa alternatif, akhirnya diputuskan untuk memfokuskan website ini ke analisa teknikal (yang saya lihat mampu memberi gambaran objektif dan mengesampingkan faktor emosional dalam memilih sebuah saham) dan mencoba menganalisa beberapa saham setiap hari secara konsisten dan menjurnalkannya di website ini sehingga dapat menjadi bahan pembelajaran, review, dan pembenahan metode investasi.

Pada awalnya, Website ini diaktifkan kembali bukan untuk konsumsi publik, tetapi untuk dijadikan jurnal pribadi terhadap apa yang telah saya pelajari, yang telah dilakukan, sehingga saya dapat dengan disiplin mereview apa yang benar dan salah. Kedisiplinan menjadi kunci penting dalam keberhasilan investasi. Selama proses  itu, saya mencoba memperkenalkan website saya ke beberapa teman agar kami dapat belajar & sharing knowledge bersama. Nyatanya belajar bersama jauh lebih nikmat daripada sendiri. Ternyata dari mulut ke mulut website kecil yang sederhana ini semakin banyak pengunjungnya, baik oleh pengunjung yang sekadar datang dan pergi, ataupun yang setia mengunjungi sepanjang waktu. Alhasil semenjak diaktifkan kembali, tercatat sudah ada 500 member hingga hari ini.

Terima kasih atas kehadiran rekan – rekan semua di website ini. Tanpa kehadiran anda belum tentu website ini mampu berkembang dan bertahan hingga hari ini. Harapan saya adalah semoga rekan – rekan dapat memperoleh manfaat positif dari keberadaan GaleriSaham.com.

Di usia website GaleriSaham.com yang kedua ini, saya sangat mengharapkan pendapat, komentar, kritik dan saran seluas – luasnya dari rekan – rekan sekalian sehingga dapat menjadi pendorong untuk sebuah perbaikan sehingga website ini dapat tampil lebih baik dari sebelumnya, baik dari sisi materi maupun tampilan.  Silahkan isi comment di bawah artikel ini atau email ke administrator@galerisaham.com apa yang ada di benak anda, apa yang anda rasa kurang, apa yang harus ditambah, dan lain – lain. Mohon maaf jika selama ini ada hal – hal yang kurang berkenan.

Kembali ke pertanyaan paling atas, Bagaimana hasil investasi anda selama ini? Apakah untung? Rugi? Atau tidak menghasilkan apa – apa? Akan banyak sekali jawaban. Lupakan masa lalu, petik pelajaran berharga, dan lakukan perubahan dalam cara berinvestasi anda sehingga Profit yang konsisten dapat kita nikmati di masa mendatang. Hal inilah yang menjadi tujuan dari keberadaan GaleriSaham sekarang dan akan datang. Terima kasih.

Salam hangat,

GaleriSaham.com

“Consistency Always Creates Opportunity”