Photo by Juhasz Imre from Pexels

Perusahaan bluechip adalah perusahaan unggulan di pasar modal dan menjadi buruan para investor besar maupun investor asing. Umumnya perusaan bluechip itu memiliki karakter antara lain:

  1. Skala bisnisnya besar, baik nasional maupun internasional.
  2. Sudah ada di pasar modal lebih dari 5 tahun.
  3. Memiliki produk yang sangat besar penetrasinya di pasar
  4. Memiliki laporan keuangan yang terus tumbuh dari waktu ke waktu.
  5. Banyak dimiliki oleh dana besar seperti reksadana, dana pensiun, asuransi, dan sebagainya.
  6. Kinerja bisnis tergolong tahan banting, bahkan di tengah kondisi ekonomi yang tidak terlalu bagus sekalipun.

Kenapa
Blue Chips?

Kata ‘blue chip’ diambil dari istilah di permainan poker, dimana chip berwarna biru memiliki nilai tertinggi. Ingat, ini bukan berarti gambling ya. Ini hanya meminjam istilah saja.


Saham beluechip umumnya memberikan peluang bagi kita sebagai investor untuk berinvestasi jangka panjang, bahkan sangat panjang hingga pensiun, dan kita bisa menikmati pertumbuhan bisnis yang luar biasa dari waktu ke waktu dan menikmati passive income dari deviden.

Jika poin – poin di atas merupakan ciri – ciri saham bluechip, pengen tahu ga sih apa sih ciri – ciri perusahaan yang sahamnya sangat layak kita beli untuk investasi jangka panjang dan bisa memberikan keuntungan lebih tinggi di atas rata – rata? Ada 3 ciri – ciri penting nih:

  1. Business modelnya solid dan prospektif
  2. Management & owner-nya kredibel
  3. Laporan keuangan historisnya sangat baik dan bertumbuh

Tiga ciri – ciri perusahaan istimewa di atas di atas harus terpenuhi sebelum Anda memulai investasi saham (ingat, investasi beda dengan trading saham ya), dan dengan memilih saham tersebut, investasi saham Anda, baik dengan strategi lump sum investing maupun dollar cost average (DCA) atau yang sering dikenal dengan strategi nabung saham bisa memberikan hasil yang luar biasa tingginya.

Yuk simak disini video penjelasan lebih detail di channel GaleriSahamID ya. Jangan lupa subscribe untuk terus update dengan konten terbaru kami.

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi