Tahun 2019 akan berakhir dan 2020 akan segera mulai berjalan argo-nya. Apa resolusi Anda sudah tercapai semua? Atau setidaknya tengah berjalan dengan baik? Atau…hanya catetan awal tahun aja dari tahun ke tahun?

Photo by freestocks.org from Pexels

Apa saja resolusi Anda dalam keuangan & investasi? Bisa saja seperti:

  1. Punya passive income untuk pertama kalinya.
  2. Memperbesar passive income yang sudah ada.
  3. Pensiun dini (atau pada waktunya) dengan passive income.
  4. Persiapan menjelang pensiun dengan hati – hati dan tepat.

WAIT, serius banget ngomongin passive income & pensiun! Oke, atau ini resolusi Anda?

  1. Mulai membeli aset besar seperti rumah / apartemen pertama Anda
  2. Menambah aset investasi seperti saham, properti, atau bisnis baru
  3. Nabung saham dengan konsisten
  4. Investasi lebih banyak di pasar saham

Tahu ga? Kalau perencanaan keuangan terbaik itu dengan membuat deadline pensiun. Ini adalah deadline semua orang lho: suka ga suka, mau ga mau. Ketika arah kita sudah on track, otomatis keuangan kita bulan ke bulan akan baik pula.

MASALAH UMUM

Photo by breakingpic from Pexels

Nah, dari resolusi – resolusi di atas, yang paling sering itu hanya jadi sebuah rencana, yang ga dijalankan dengan konsisten. Akhirnya menjelang akhir tahun, baru teringat lagi, dan: “OK, I will do this next year, again & again”.

Resolusi konsumtif sih tercapai, beli barang ini itu.
Rresolusi produktif jarang tercapai, padahal ini yang paling penting lho.

Resolusi menaikkan income itu lebih mudah tercapai.
Resolusi membangun aset itu jarang sekali tercapai dengan baik.

S.M.A.R.T Planning

Photo by pixabay from Pexels

Tomorrow never comes. Kalau kita tidak bisa planning dari awal dengan prinsip S.M.A.R.T, semua perencanaan kita tidak bisa berjalan. Apa itu S.M.A.R.T Planning?

1) SPECIFIC

Tujuan Anda HARUS jelas, di area mana Anda ingin mencapai sesuatu. Misalnya menaikkan income, atau menabung lebih banyak dari sebelumnya, atau beli aset baru. Eits, ini hanya rencana. Ga akan ada efeknya kalau ga lanjut ke nomor 2 (Measurable).

2) MEASURABLE

Dari tujuan spesifik Anda di atas, coba diperjelas lagi area peningkatan yang dimaksud. Misalnya menaikkan income 20% dari tahun sebelumnya, atau menabung lebih banyak 10% dari total income, atau beli aset senilai 1/3 gaji tahunan. Bahkan bisa juga tujuan spesifik Anda adalah punya 5 Miliar sebelum masuk usia pensiun, atau punya passive income senilai biaya hidup Anda saat ini dalam 10 tahun lagi. Tidak ada ini, resolusi hanyalah resolusi.

3) ACHIEVABLE

Dari rencana Anda di atas, pastikan memang bisa dijalankan dengan logis dan sesuai kompetensi Anda. Misalnya ingin menaikkan income 20%, tapi belum tahu darimana sumbernya. Misalnya Anda background-nya adalah di pertambangan, mau menambah income 20% dari trading saham. Ingat, ada learning curve yang harus dilalui lho. Atau misalnya Anda pensiunan mau mulai berbisnis, ingat, uang pensiun Anda terbatas atau tidak? Ada risiko & learning process yang harus dilalui dan tidak sebentar.

4) REALISTIC

Seberapa realistis resolusi Anda? Misalnya income Anda 20 juta per bulan. Tidak ada tabungan, dan akan pensiun 5 tahun lagi namun ingin punya tabungan sebesar 5 miliar untuk hari tua. Well, kalau kita kalikan, (20 juta / bulan x 12 bulan) x 5 tahun itu hanya 1.2 Miliar, itupun belum dipotong biaya hidup bulanan. Target yang ga realistis akan menjadikan Anda mengambil keputusan yang ga rasional, misalnya: trading saham – saham gorengan, terjebak investasi bodong, atau gegabah memulai sesuatu bisnis. Semua harus realistis, dan paling penting adalah ada jangka waktu, seperti di bawah ini.

5) TIME RELATED

Coba hitung, berapa waktu yang Anda tetapkan atau Anda punya. Waktu x Resource akan menentukan perencanaan Anda. Semakin panjang waktunya, semakin achievable. Semakin besar resource-nya (dana, income), semakin achievable.

TAKE ACTION NOW!

Apakah Anda sudah membuat resolusi berdasarkan prinsip S.M.A.R.T di atas? Jika belum, sudah waktunya dimulai. Dan semua harus dirumuskan sebelum tahun baru dimulai.

Sesuai penjelasan di bagian Time Related di atas, semakin cepat di mulai, semakin (lebih) mudah tercapai. Semakin cepat membuat perencanaan, semakin Anda bisa memulai dengan percaya diri.

Bingung Mau Mulai darimana?

Yuk coba ikut kelas kami: RICHTIREMENT PLANNING MODELLING & CASHFLOW GAME selama 1 hari penuh.

Ini adalah kelas special yang biasanya hanya diadakan di inhouse training korporasi besar untuk para professional dan petingginya. Dan di penghujung tahun 2019 ini karena banyak yang request, kami adakan (sedikit dadakan) untuk kelas individu pada hari Sabtu, 14 Desember 2019 hanya untuk 15 peserta saja. Cocok sekali untuk memulai perencanaan dengan mantab di tahun 2020 mendatang.

– Kelas ini tidak hanya untuk Anda yang ingin investasi saham.
– Kelas ini adalah kelas umum, dimanapun area / bidang usaha Anda.
– Kelas ini akan mendukung di manapun tujuan investasi Anda nantinya (Properti, saham, bisnis, dan sebagainya)

Anda akan mampu membentuk pola keuangan & modelling yang lebih baik dari waktu ke waktu.
Anda juga akan diberikan action plan apa saja untuk mencapainya.

Ingat, banyak sekali yang mulai memikirkan perencanaan keuangan, namun kebanyakan ketika sudah terlambat: ketika waktu tinggal sedikit ataupun ketika sedang mendapat masalah keuangan.

Jangan memperburuk keadaan, dengan perencanaan yang jelas, kita bisa mengatasi masalah dan tantangan dengan baik.

Silahkan cek informasi selengkapnya di bawah ya:

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi