Apakah kondisi keuangan anda berada di atas rata – rata global yang semestinya? 

Sumber: The Economist

‘Global wealth’ tumbuh dari $117 triliun menjadi $262 triliun dalam 15 tahun terakhir! Kalau dibagi rata, setiap orang di dunia mendapat $56.000 atau sekitar Rp. 700 juta (Setelah dikurangi utang, bisa dalam bentuk tabungan / deposito, saham, properti, dll)

Jika teman – teman punya tabungan / rumah / saham dengan total semuanya senilai Rp. 700 juta, maka teman – teman memiliki harta / kekayaan ‘rata – rata’ keuangan global:)

Masalahnya, kekayaan tidak terdistribusi merata lho. Ternyata 94.5% dari $262 triliun itu dikuasai oleh HANYA 20% orang di dunia saja! Jadi 80% populasi orang hanya memiliki ‘jatah’ sisanya = 5.5% dari $262 triliun itu. sadis yah…lebih buruk dari konsep pareto…

Nah, dengan statistik yang baru ini, dengan memiliki $3.650 atau Rp. 45 juta saja (setelah dikurangi utang) kita sudah menjadi 50% orang terkaya di dunia! Jika memiliki $77.000 atau Rp. 960 juta-an, kita termasuk 10% populasi orang terkaya di dunia.

Jadi apa kesimpulan dari statistik di atas? 

Bersyukur jika anda sudah memiliki aset bersih diatas angka – angka diatas. Bagi yang belum, ini adalah motivasi untuk berusaha lebih baik lagi. Banyak peluang di dunia ini. Kalau orang lain bisa, anda juga pasti bisa.

Hidup tidak adil? Dunia tidak adil? Bukan! Apa yang kita lakukan lah yang membuat kita berada di posisi (mungkin) ‘ketidak-adilan ini’. Apa yang tidak kita ketahui lah yang membuat kita terbelakang…

Ada pepatah mengatakan: “Orang ‘miskin’ menerima gaji dan membelanjakannya. Orang ‘kaya’ menggaji orang & menjual barang & jasa”

Jadi, mulai sisihkan pendapatan anda (kalau masih menerima gaji) untuk diinvestasikan dalam sebuah bisnis, baik bisnis yang anda kelola sendiri, yang dikelola bersama, ataupun dikelola orang lain (saham). Pastikan anda berbisnis di bidang yang anda PAHAMI

Salam investasi!

Dapatkan rekomendasi saham harian disini.

Link artikel asli dapat anda lihat disini: The purse of the one percent