Melanjuti pertanyan atas tidak singkron-nya fundamental WIKA vs harganya, berikut kami sampaikan outlook WIKA secara teknikal. Analisa teknikal memiliki prinsip utama: Price discount everything. ‘Everything’ itu bisa jadi: fakta fundamental, outlook kinerja, kepercayaan pasar terhadap manajemen perusahaan, ekspektasi kebijakan pemerintah, atau apapun.

Ingat, kita hanya 1 dari 500 ribu investor yang terdaftar di bursa. Ada yang kita tahu, tapi bisa jadi ada yang tidak kita tahu (dan tidak tahunya banyak), tapi orang lain di luar sana tahu. Mungkin hanya segelintir orang yang tahu, tapi dana mereka besar. jadi ini kombinasi yang kompleks.

Inilah sederhananya memiliki referensi teknikal, karena kita akan lebih terbantu menentukan timing untuk masuk atau menahan diri. Karena harga sudah mencerminkan segala informasi yang ada di pasar, baik yang kita tahu maupun yang tidak kita tahu. Price discount everything.

Grafik di atas menunjukkan WIKA berada di area support konsolidasi jangka pendeknya di kisaran 2180. Dalam jangka pendek WIKA berpeluang rebound karena sudah berada di area support konsolidasi 2180. Namun mengingat posisi ini sudah berada di bawah uptrend support line dan MA200 di kisaran 2500 – 2600, maka selama kenaikannya belum mampu melampaui level 2600, segala kenaikan hanya merupakan technical rebound dalam tren turun jangka panjang (hanya untuk trading jangka pendek). Peluang pembalikan arah menjadi uptrend akan terbuka jika WIKA mampu bertahan di atas 2600, dan kita layak menunggu hal itu.

Hati – hati, jika skenario rebound tidak terjadi dan saham ini gagal bertahan di atas support 2180, terbuka peluang penurunan lebih lanjut ke 1815 dengan minor target 2000.

Hmm, kan fundamentalnya bagus? Kenapa turun? Begini, selama fundamental oke, maka semakin turun akan menarik kan? Yield semakin tinggi bukan? Ini peluang menarik, asalkan anda tidak ‘nyangkut’ di harga atas, dan mulai membeli di bawah.

Inilah mengapa analisa teknikal menjadi referensi yang tidak bisa dipisahkan dari proses pembelian maupun penjualan saham Anda.

Disclaimer ON


Ayo maksimalkan peluang Anda di pasar modal Indonesia dengan menguasai Technical Analysis yang fokus pada trend. Daftarkan diri anda pada training spesial kami: Systematic Trading Management for MEGA Profit di Jakarta, 20 Mei 2017. Promo early bird hanya sampai Rabu, 17 Mei 2017!

Segera cek informasinya disini & dapatkan metode best practice untuk anda gunakan & andalkan.