Sell on May & Go Away, Sebegitu Valid?

Melanjuti ulasan IHSG kami sebelumnya (cek disini), IHSG masih berada dalam jalur tren naik selama masih berada di atas level 5525.

Berikut kami sampaikan data yang dikompilasi oleh GS PRO mengenai pergerakan IHSG vs net buy/sell asing di bulan Mei. Sell on May & go away adalah istilah yang sangat terkenal. Apakah ini valid?

Kami ingin tegaskan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan metode Trend Optimizing kami, namun tidak ada salahnya kita membahas dari sudut pandang yang umum dibicarakan kebanyakan orang; Asing ngapain ya?

Di bawah ini kami sampaikan pergerakan IHSG serta korelasinya dengan net buy/ sell investor asing karena investor asing diyakini memiliki pengaruh yang besar terhadap pergerakan IHSG. Jika mereka terus membeli (net buy), maka diyakini IHSG akan bergerak naik, dan sebaliknya jika mereka terus menjual (net sell), maka IHSG diyakini akan turun.

2017

Dari data yang kami kelola dari Bloomberg Terminal yang menjadi salah satu backbone GS PRO, data di atas menunjukkan bahwa belum ada net sell asing walaupun IHSG bergerak korektif. Jadi untuk saat ini, koreksi yang terjadi bisa jadi diakibatkan ‘kepanikan’ investor lokal yang ingin keluar dari pasar lebih awal.

Tapi, apa benar setiap bulan Mei selalu market turun, apakah turunnya sementara atau berlangsung panjang? Yuk lihat data dibawah ini:

Dari tahun 2012 ke 2017 (lihat chart di bawah), terdapat 3 tahun asing nett sell signifikan di bulan mei, dan 3 tahun asing tetap nett buy di bulan mei. Jadi, istilah Sell on May & Go Way sebuah paham yang tidakĀ tidak memiliki dasar yang kuat. Jadi, kenapa bulan Mei terjadi koreksi? Ya karena ada profit taking, dan profit taking bisa terjadi di bulan apa saja:)

Untuk memberikan komentar, masukan, atau kritik mengenai tulisan ini, teman – teman bisa follow social media kami di Facebook, Twitter, Instagram, atau Telegram Messenger (klik untuk follow)

Mari maksimalkan kinerja transaksi saham anda dengan lebih sistematis bersama GS PRO. GS PRO memberikan layanan berkualitas layaknya investor & analis institusi yang dapat dijangkau oleh semua orang. Kini sudah saatnya kita setara. Cek informasi mengenai GS PRO disini.

Pin It on Pinterest

Share This

Free Newsletter

Segera daftarkan email anda ke mailing list kami untuk memperoleh informasi & rekomendasi saham terbaru via email setiap hari secara gratis (tanpa syarat apapun)

Pendaftaran berhasil - Cek email anda untuk proses verifikasi