Kinerja Maret 2015: Underperform! Why?

Dear All,

Bulan Maret merupakan bulan dimana IHSG bergerak sangat fluktuatif dimana sempat terjadi penurunan tajam yang dilanjutkan dengan kenaikan signifikan yang cukup singkat. Alhasil IHSG ditutup di level all time high 5518. Pada kesempatan ini kami ingin memaparkan hasil kinerja GS Premium sepanjang bulan Maret dan sepanjang kuartal 1 2015 ini

GSP-Tabel-15-03

Tabel di atas menunjukkan kinerja GS Premium pada bulan maret turun sebesar -2.15%, underperform terhadap IHSG yang meningkat +1.25%. Ini kinerja yang tidak seperti biasanya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena IHSG sempat turun cukup dalam dan dengan seketika terjadi reversal langsung naik tanpa adanya konsolidasi yang cukup, menjadikan proses switching tidak maksimal. Terjadi banyak false break sehingga portfolio butuh waktu untuk mencapai komposisi ideal. Namun dengan porsi cash yang masih relatif tinggi, 40% menjadikan portfolio per akhir bulan sangat amat fleksibel.

Walaupun kinerja GS Premium underperform dalam 1 bulan terakhir, namun jika dibandingkan bulan Maret tahun lalu kinerja GS Premium masih jauh di atas kinerja IHSG. Secara year on year kinerja GS Premium berhasil tumbuh +22.24%, lebih tinggi daripada IHSG yang hanya tumbuh +15.74%. Dalam jangka pendek mungkin terjadi underperform seperti yang terjadi saat ini tetapi secara jangka panjang metode Trend Optimizing relatif mampu mengungguli IHSG.

GSP-Grafik-15-03

Grafik di atas menunjukkan secara visual kinerja GS Premium underperform akibat fluktuasi yang tajam sepanjang bulan Maret 2015. Bagaimana kinerja saham – saham yang menjadi kontributor kinerja portfolio kami?

Gainer-15-03Loser-15-03

Dari tabel di atas tampak memang persentase kenaikan 10 saham tertinggi kalah dari saham – saham top loser. Ini akan menjadi tugas rumah GS di bulan berikutnya untuk kembali menggungguli IHSG dengan pemilihan saham yang tepat.

GSP-Sektoral-15-03

Per akhir Maret komposisi saham – saham dalam portfolio kami terkonsentrasi pada sektor finansial karena secara teknikal saham ini masih dalam fase tren naik. Dengan porsi cash yang relatif tinggi, kami memiliki fleksibilitas dalam menghadapi pasar di bulan April 2015.

 

Dapatkan update informasi mengenai pasar saham, rekomendasi harian, tips & trik investasi saham secara GRATIS tanpa syarat apapun. Mari bergabung di mailing list GaleriSaham.com dengan mengirimkan email kosong ke: galerisaham-subscribe@yahoogroups.com (Jika diminta untuk memasukkan komentar, cukup tulis nama lengkap anda)

Pasar modal Indonesia akan sangat menjanjikan di tahun 2015, jangan sampai anda hanya jadi penonton saja:)

 

 

Pin It on Pinterest

Share This