Kinerja GS Premium April: Outperform!

Dear All,

Bulan April ini menjadi salah satu bulan yang sangat menantang. IHSG turun dari area tertingginya di 5500-an menuju 5000 atau turun hampir mencapai 10%. Jika umumnya pasar terkoreksi di bulan Mei, tampaknya tahun ini pada bulan Mei kita akan disuguhi saham – saham dengan harga diskon. Pada kesempatan ini kami ingin memaparkan kinerja GS Premium sepanjang bulan April 2015 sebagai berikut:

GSP-Tabel-15-04

Sepanjang bulan April 2015 IHSG turun tajam sebesar -7.83% namun GS Premium mampu menghindari penurunan tajam dan hanya mencetak penurunan sebesar -2.48% menyisakan posisi cash lebih dari 50%. Ini menjadikan komposisi portfolio lebih fleksibel dalam perencanaan trading bulan Mei, relatif mudah untuk membeli ataupun menjual dalam menindaklanjuti pergerakan pasar.

Secara akumulatif (Year to Date), kinerja IHSG turun -2.69% sedangkan GS Premium mampu bertahan di teritori positif +1.41%.

Jika dibandingkan dengan April 2014 (Year on Year), kinerja IHSG hanya tumbuh +5.09% sedangkan GS Premium tumbuh cukup signifikan +19.36%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Trend Optimizing yang fokus kami jalankan mampu dalam jangka menengah hingga panjang menghasilkan kinerja di atas rata – rata.

GSP-Grafik-15-04

Grafik di atas menunjukkan walau terjadi fluktuasi kinerja bulanan, dalam jangka yang lebih panjang strategi kami mampu mengungguli IHSG secara konsisten

Apa saja saham – saham yang berkontribusi positif maupun negatif?

Gainer-15-04 Loser-15-04

Tabel di atas menunjukkan kinerja saham yang mempengaruhi kinerja portfolio GS Premium. Kinerja negatif di bulan April 2015 direfleksikan dari lebih banyaknya saham yang turun daripada yang naik. Portfolio yang efisien adalah bukan yang anti turun, tapi yang mampu meminimalisir penurunan ketika pasar terkoreksi dan memaksimalkan keuntungan ketika pasar konsolidasi dan bullish.

Per akhir April 2015 komposisi portfolio GS Premium adalah sebagai berikut:

GSP-Sektoral-15-04

 

Per akhir April 2015, konsentrasi sektoral saham kami terfokus pada sektor ‘Construction, Property, & Real Estate’. Dengan alokasi cash yang lebih dari 50% (lihat tabel paling atas), maka kami akan memiliki keleluasaan untuk mengatur kembali komposisi portfolio jika pasar kembali menunjukkan sinyal pergerakan positif.

Dan merupakan strategi dari Trend Optimizing pula yang mendorong untuk meminimalisir frekuensi transaksi ketika pasar bergerak negatif sehingga risiko saham ‘nyangkut’ relatif sangat kecil.

Demikian hal yang ingin kami sampaikan. Laporan kinerja ini kami sampaikan secara rutin dan transparan setiap bulan. Sudah merupakan ciri khas GaleriSaham.com sebagai analis independen yang memberikan rekomendasi serta laporan secara konsisten, transparan, dan netral tanpa kepentingan pihak tertentu. Semoga selalu bermanfaat. Terima kasih!

NOTE: GS Premium adalah layanan rekomendasi saham yang bersifat independen. Kami tidak mengelola dana eksternal dalam bentuk apapun.

 

 

Pin It on Pinterest

Share This