Kunci Sukses Trading Saham: Uang atau Pengetahuan?

Pengetahuan merupakan kunci sukses trading, bukan uang yang menentukan. Bagaimana menurut anda?

Berapapun banyaknya uang yang anda miliki, tanpa adanya pengetahuan anda hanya bagaikan menabur gula ke lautan, tidak akan manis hasilnya. Uang anda akan menyusut karena tanpa sadar anda bagi ke market dengan membeli terlalu tinggi atau menjual terlalu rendah akibat ketidaktahuan anda. Bahkan orang yang sukses besar di bisnis pun bisa gagal di saham. Jadi apakah sukses trading saham hanyalah sebuah mimpi? Sukses trading adalah milik semua orang, semua orang yang memiliki pengetahuan & mindset yang memadai:)

Jika kita percaya bahwa pengetahuan, ilmu, dan pengalaman adalah faktor yang sangat penting dalam kesuksesan trading, anda sudah di dalam mindset yang tepat. Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. You know what you know (Anda tahu apa yang anda ketahui)

2. You know what you don’t know (Anda tahu apa yang anda tidak ketahui)

3. You don’t know what you don’t know (Anda tidak tahu apa yang anda tidak ketahui)

 

– Berikut adalah penjelasan singkatnya

1. You know what you know (Anda tahu apa yang anda ketahui)

Ini berkaitan dengan apa yang sudah anda pelajari / alami. Pengalaman, buku, pembimbing, ataupun mentor akan sangat menentukan apa yang anda ketahui. Anda bertemu mentor yang baik, maka pengetahuan anda akan baik dan anda akan meraih profit. Jika bertemu mentor yang buruk maka hasilnya adalah kerugian atau kebiasaan menyalahkan market.

 

2. You know what you don’t know (Anda tahu apa yang anda tidak ketahui)

Orang bijak akan tahu kemampuan & ketidakmampuan dirinya. Anda tahu apa yang anda sudah tahu, anda juga tahu apa yang anda tidak tahu. Jika anda tahu apa yang anda tidak ketahui, maka anda akan belajar untuk mengetahuinya. Jika anda mengerti potensi pergerakan sebuah saham, mungkin anda akan membelinya. Jika anda tidak mengerti potensi pergerakan sebuah saham, anda akan menghindarinya. Setuju?

 

3. You don’t know what you don’t know (Anda tidak tahu apa yang anda tidak ketahui)

Apa pula ini? Sebelumnya anda tahu apa yang anda sudah tahu & anda tahu apa yang tidak anda tahu. Ada lagi, anda tidak akan tahu apa yang memang belum anda ketahui. Jika anda tidak proaktif, maka anda tidak akan pernah tahu apa yang tidak anda ketahui itu. Bisa jadi apa yang anda tidak tahu itulah kunci sukses anda. Di pasar saham, anda wajib proaktif. Selalu belajar, rajin membaca, dan rajin praktek. Dengan demikian anda akan semakin terarah & lebih konsisten meraih profit.

 

Kesimpulan:

Jika anda merasa sudah tahu apa yang anda tahu dan tahu apa yang anda tidak tahu tetapi belum mendapatkan hasil yang maksimal, bisa jadi ada sesuatu yang anda tidak ketahui & anda tidak pernah mengetahuinya. Ini sebabnya anda perlu proaktif. Selalu belajar, rajin membaca, dan rajin praktek. Parameter kesuksesan anda sangat simpel di pasar saham, apa itu? PROFIT. Jika anda sudah menjalankan segala sesuatu dengan benar, maka anda akan rata – rata untung. Jika anda masih rata – rata rugi, maka anda menjalankan metode yang salah. Mungkin ada sesuatu yang anda tidak tahu & tidak anda ketahui. Setuju?

 

GaleriSaham.com akan kembali mengadakan training: Technical Analysis for Maximum Profit (TAMPro) kembali pada 1 November 2014 di Jakarta. Training ini kami adakan kembali untuk membantu anda memilih saham dengan cermat ketika pasar terkoreksi & memaksimalkan potensi keuntungan yang ada menjelang akhir 2014 dan  memasuki tahun 2015.

Training ini akan dibatasi maksimal 15 peserta saja. Kelas kecil akan memaksimalkan interaksi antar peserta sehingga training dan penyampaian materi menjadi optimal. Segera daftarkan diri anda segera untuk memaksimalkan kinerja trading anda.

Materi training dapat anda lihat disini.

 

Pin It on Pinterest

Share This