GaleriSaham.com - Shanghai FInancial Expo 4

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo 7

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo

Akhirnya selesai juga tulisan ini dibuat. Janji kami untuk sharing terpenuhi juga:)

Pada tanggal 22 – 26 November 2012 kami berkesempatan untuk mengunjungi 10th Shanghai International Finance & Money Fair 2012 yang diadakan 3 hari dari Jumat 23 November 2012 hingga minggu 25 November 2012. Pada kesempatan ini kami ingin sharing pengalaman dan hal – hal yang kami dapat selama mengunjungi acara di sana yang mungkin belum tentu kami dapatkan di Indonesia.

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo 1

Kesan pertama: RAMAI SEKALI. Dengan keramaian ini jelas sangat menghangatkan badan setelah diterjang suhu musim dingin yang mencapai 7 derajat celcius:) Sekali – kalinya kami mengunjungi pameran yang hampir seramai ini adalah pameran tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Pekan Raya Jakarta, itu pun bukan pameran finansial lhoo. Jumlah peserta pameran luar biasa banyak dan pengunjungnya lebih luar biasa lagi. Kami sampai tersesat untuk sekedar kembali ke stan yang sebelumnya kami hampiri ataupun berjuang menemukan jalan keluar untuk pulang. Hehehe.

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo 3

Peserta pameran terbagi dari perusahaan sekuritas, futures, asset management, perbankan, serta asuransi. Sebagian besar merupakan brand lokal disana tapi cukup banyak brand global yang berpartisipasi. (Dapat anda lihat beberapa di foto – foto kami) Eh ternyata ada satu perusahaan sekuritas dari indonesia yang berpartisipasi lho, coba tebak apa:D

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo 2

Dari hasil pengamatan kami (kami dibantu oleh guide yang bisa berbahasa Indonesia), seiring terus meningkatnya kemakmuran, masyarakat terus mencari peluang untuk mengembangkan dananya di pasar keuangan. Selain di pasar saham, mereka juga bersemangat untuk menempatkan dana di pasar lainnya karena seperti yang kita ketahui pasar saham Shanghai sedang berkonsolidasi berat pasca krisis 2008. Dengan demikian dana mereka mengalir ke pasar lain yang lebih memiliki peluang seperti forex, komoditas, atau bahkan pasar luar negeri melalui reksadana, dll. Kemakmuran meningkat > Investasi Meningkat.

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo 5

Secara general kami berbicara pada beberapa orang yang kami temui (di pameran maupun di tempat lainnya), mereka tidak sepesimis bursa Shanghai yang sedang lesu. Ekonomi China terus berkembang, penjualan terus meningkat, hingga petani pun menjadi kaya raya, toko – toko tetap ramai pengunjung, gedung – gedung tinggi terus dibangun, bahkan ada bangunan tertinggi baru yang sedang tahap pembangunan. Tapi memang pertumbuhan ekonominya melambat saja karena bagian dari kebijakan pemerintah agar tidak overheat. Pariwisata terus berkembang, penjualan barang mewah pun terus meningkat. Penjualan mobil pun kerap mencetak rekor walau perijinan kepemilikan kendaran bisa melampaui harga mobil yang dibelinya. Jika Jakarta dikuasai Toyota & Daihatsu, maka di Shanghai dikuasai Audi & VW. Kita bisa melihat Audi & VW berkeliaran seperti kita melihat Avanza & Xenia di sini. Daya beli mereka telah jauh melampaui masyarakat Indonesia yang baru mulai merangkak naik.

INGAT, jumlah penduduk yang banyak diiringi daya beli yang tinggi (+semangat kerja yang tinggi) jauh lebih berharga daripada nilai sebuah barang komoditas alam. Penduduk yang makmur menjadi motor perekonomian suatu negara! Kami yakin Indonesia pun mengarah kesana🙂

GaleriSaham.com - Shanghai Town 1

Bangunan tengah adalah Shanghai World Financial Center (Tertinggi di China saat ini) dan sebelah kiri akan lebih tinggi lagi dari SWFC. Mereka terus membangun, tanda perekonomian terus bertumbuh, amazing!

Pameran seramai ini, seberapa banyak kah jumlah investor di China? Bagaimana perbandingan jumlah investor di Indonesia dengan China serta negara lainnya?

Jumlah investor di bursa Indonesia sangat jauh tertinggal dari bursa saham negara-negara lain di kawasan. Berikut ini perbandingan jumlah investor saham dan persentase dari total populasi penduduk negara.

  • Indonesia 400 ribu (0,16%)
  • China 26,7 juta (2%)
  • India 24 juta (2,02%)
  • Thailand 2,4 juta (3,6%)
  • Pakistan  5,2 juta (2,78%)
  • Jepang 14,02 juta (11%)
  • Hong Kong 1,13 juta (15,9%)
  • Malaysia 5,1 juta (17,4%)
  • Singapura 1,6 juta (30.5%).

Wah, negara berkembang di atas rata – rata memiliki investor saham sebesar 2.5% dari jumlah penduduk. Jika Indonesia memiliki persentasi yang sama yakni 2.5%, maka jumlah investor indonesia adalah sebesar 6.25 Juta investor! Jika mencapai level ini, kami yakin setiap ada pameran finansial ramainya tidak akan kalah dengan Shanghai. Setuju? Semakin banyak jumlah investor maka market kita akan semakin efisien, semakin beragam, dan tidak mudah dipermainkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Ini menjadi tanggung jawab kita, pemerintah, regulator dan institusi – institusi keuangan untuk terus mengembangkan pasar modal untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan visi dan misi kami, sudah menjadi komitmen GaleriSaham.com untuk mendukung edukasi pasar modal di tanah air tercinta ini.(Baca: About Us)

Sekian cerita kami dari Shanghai, semoga berkenan dan bermanfaat:)

 

GaleriSaham.com - Shanghai Financial Expo 6

Oh iya, kembali ke teka teki di atas, sudah tahu perusahaan dari Indonesia yang berpartisipasi di pameran di atas? That’s it, keep a good work, guys!

Suatu saat GaleriSaham.com akan go international. Untuk tahun depan 2013 tunggu kiprah kami di kota – kota potensial di seluruh Indonesia ya!

 

Galeri Saham | Investasi Saham | Analisa Saham | Rekomendasi Saham | Belajar Saham